Saturday, December 6, 2008

Membuat Blog untuk Sharing

Membuat blog pada dasarnya sama dengan membuat website. Apa itu blog? Blog adalah semacam buku harian yang kita taruh di internet. Jika buku harian kadang-kadang kita simpan dan rahasiakan tapi blog sebaliknya kita taruh di area terbuka yakni internet. Bahkan kelak Anda akan bangga jika dapat menciptakan blog yang memiliki magnit (daya tarik) sehingga akan dicari oleh semua mesin pencarian (search engine). Penulis juga masih gandrung akan blog seperti itu.

Ada juga yang menyebut blog sebagai dokumen di internet. Sah-sah saja pemberian nama seperti itu, karena memang dengan memiliki sebuah atau mungkin beberapa blog di internet akan memudahkan kita untuk sewaktu-waktu melihat hasil karya kita yang telah terdokumenkan. Ada baiknya dokumen yang kita posting ke blog kita bisa dimanfaatkan oleh orang lain (pengunjung situs) sehingga kerja keras kita tidak sia-sia. Siapa tahu ilmu yang kita tuangkan pada setiap lembaran konten pada blog kita, bagi orang lain sangat bermanfaat. Bukankah ilmu yang bermanfaat adalah ilmu yang diamalkan?


Lalu bagaimana cara membuat blog? Sebenarnya membuat blog sangat mudah. Bagi siapa pun yang pernah jadi pengunjung situs di internet pasti bisa membuatnya kalau mau. Anda tidak perlu khawatir dengan kemampuan bahasa Inggris Anda yang kurang baik. Blog dengan panduan bahasa Indonesia sudah banyak lengkap dengan langkah-langkah yang harus dikerjakan. Memang ada baiknya jika Anda memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik, tetapi itu tidak mutlak. Pengalaman menunjukkan bahwa kemampuan berbahasa Inggris dengan baik tidak sebanding lurus dengan kepandaian menciptakan/memiliki blog yang establish. Ketekunan dan kerja keraslah yang akan mengantarkan kita ke sana.

Sebagaimana sebuah website, blog juga ada yang berbayar dan ada yang gratis/free. Ada beberapa 'perusahaan' yang menyediakan jejaring sosial untuk keperluan ini. Untuk sekadar menyebut beberapa contoh, seperti:
-http://www.blogger.com/
-http://www.wordpress.com/
-http://www.friendster.com/
-http://www.facebook.com/
-http://www.myspace.com/
-http://www.typepad.com/
-http://www.podcast.com/
Anda bisa mendaftar (sign up) pada salah satu alamat yang dicantumkan di atas. Seperti penulis sendiri yang jadi member di Blogger.Com secara cuma-cuma alias gratis. Anda tinggal membuat sebuah akun (account) di salah satu search engine (Google, Yahoo, MSN, Infoseek atau yang lain) dan jika akun Anda telah diverifikasi maka Anda bisa daftar ke sana. Tahapan atau langkah-langkah teknis pembuatan blog dengan sendirinya akan Anda temui di sana.

No comments: